Komplit - Pengalaman Cara Transaksi di Tokopedia

source : http://www.oneyesoneno.com/2015/02/pengalaman-cara-transaksi-di-tokopedia.html  
 
Panduan cara lengkap melakukan transaksi pembelian produk di Tokopedia. Udah sering sy berbelanja di Tokopedia, apalagi jika sedang mencari barang2 yg "langka" yg susah didapati di toko toko terdekat. Kebetulan hari ini sy berbelanja lagi, maka ada kesempatan untuk saya menulis artikel ini sekaligus dipandu dgn tutorial gambar.

Sebelum memulai bertransaksi di Tokopedia. Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk detail cara mendaftarkan diri tidak akan sy bahas secara terperinci, anda kunjungi situs resmi Tokopedia https://www.tokopedia.com/ lalu klik menu "Daftar"

Disini sy mencoba mencari produk bateri N73 yg sebenarnya bateri ini sy beli bukan untuk saya, namun untuk bibi sy yg tinggal di Medan yg kesulitan mencari bateri tersebut di lingkungan dia. Jadi tidak masalah jika anda mau membeli dgn menggunakan nama anda, dan ditujukan ke orang lain. Bahkan disini tokopedia ada opsi khusus dropshipper, dimana manatau saja anda mau melakukan bisnis dropshipper, maka Tokopedia ini bisa anda manfaatkan.
TUTORIAL BERBELANJA DI TOKOPEDIA

1) Isi kotak pencarian berhubungan dengan produk apa yg anda sedang cari.




2) Akan muncul senarai produk yg berhubungan dengan kata kunci yg anda cari. Saya tau "harga" memainkan peranan yg penting, dimana pastinya semua org ingin mencari harga yg termurah. Namun dengan demikian lebih baik cari penjual yg berkualitas, jgn terpancing dgn harga yg murah. Disini lebih rekomended jika penjual yg sudah terdaftar sebagai "Gold Mercant"


3) Sesudah anda pilih produk pilihan anda, maka crosscheck dulu detail sellernya. Dimana tokonya? karna ini bisa mempengaruhi ongkos kirim. Kemudian bagaimana reputasinya? Apakah mendapat tanggapan positif dari buyer lain? Silakan simak gambar dibawah ini:



4) Optional (bisa anda skip langkah ini jika anda merasa tidak perlu): Barangkali jika anda mau ngechat dulu dengan sang seller bisa ke halaman sebelumnya dan klik menu "Diskusi Produk", seperti halnya yg saya lakukan. 


5) Jika sudah yakin dgn reputasi seller, maka lanjutkan dengan proses "BELI" pada halaman yg sebelumnya



6) Mulai dari langkah ini dibutuhkan ketelitian extra, silakan disimak rangkaian gambar dibawah ini:
Isi formulir pemesanan dengan cermat
Pilih Opsi Pembayaran. 
Saya disini pakai Internet Banking jadi sy pilih "Transfer Bank"
Masih pada halaman yg sama, 
Crosscheck sekali lagi sebelum anda klik Checkout



Lakukan transfer duit ke tujuan Bank yg anda pilih
Sy menggunakan BCA jadi sy transfer ke REk BCA nya Tokopedia
Nb: Klik Konfirmasi Pembayaran setelah anda melaksanakan transfer
Bukti Transfer anda simpan karna nanti bisa anda gunakan sebagai bukti pembayaran untuk mempercepat proses konfirmasi


Lanjutkan lagi dengan klik tombol konfirmasi


Isi Formulir Konfirmasi Pembayaran dengan Cermat dan Seksama


Notif Total Pembayaran yg anda konfirmasi


7) Saatnya kita cek status pemesanannya, silakan disimak gambar dibawah ini:



8) Optional: Tidak berhenti sampai disini bro, jika anda mau mempercepat proses konfirmasi pembayaran Tokopedia yg menyatakan bahwa mereka telahpun sah menerima duit anda, maka lakukan proses berdasarkan gambar dibawah ini:
Klik Pada Tab "Konfirmasi Pembayaran" lalu Unggah "Bukti Transfer"

Komplit sudah prosedur pembayaran transfer duit untuk pengorderan produk yg kita inginkan. Seterusnya anda cuma perlu memantau status dari seller. Jika seller tidak melakukan update status/ merespond order dalam waktu 3hari dan tidak ada status pengiriman barang ke anda dalam waktu 5hari maka tokopedia akan membatalkan transaksi dan mengembalikan dana ke anda. Sebaliknya, jika produk sudah sampai ditangan anda, jgn lupa untuk mengkonfirmasi kembali melalui status pemesanan bahwa produk sudah anda terima.

Dibawah ini ialah contoh transaksi sy kemarin dulunya yg sudah berhasil:



UPDATE SISTEM VERIFIKASI OTOMATIS TOKOPEDIA

Berbagi lagi pengalaman sy berbelanja di Tokopedia, salah satu e-commerce favorit saya dengan sistem verifikasi otomatis tokopedia yg berbeda dengan sistem sebelumnya setahun yg lalu.

Langsung saja kita skip skip skip dan langsung masuk ke metode pembayaran yg hendak digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap perbelanjaan yg kita order. Contoh sy memilih menggunakan Bank BCA sebagau metode pembayaran



Setelah anda klik checkout, akan diminta memasukkan kata sandi tokopedia dan user id KlikBCA . Sesudah itu klik bayar.


Buka NewTab> lalu Masuk Kedalam Internet Banking BCA anda lalu klik menu pembayaran e-commerce- seterusnya pilih opsi Tokopedia - dan lanjutkan pembayaran sesuai dengan nomor transaksi dan keterangan yg ditunjukkan.

 
Setelah anda selesai melakukan pembayaran, balik lagi ke akun Tokopedia anda. Disana secara otomatis pada status pemesanan akan ditunjukkan bahwanya Tokopedia telah menerima pesanan anda lalu sudah diteruskan ke penjual.


Tinggal menunggu paket sampai diantarin kurir .. Jreng jreng!!!


Paket udah sampai... jgn lupa untuk mengkonfirmasinya di akun Tokopedia.. dan berikan review... sebagai returnnya anda akan mendapatkan juga poin reputasi dari sang penjual ^^




UPDATE PENGALAMAN MELAKUKAN PEMNAYARAN TOKOPEDIA VIA INDOMARET

Yopss.. jadi pada kesempatan kali ini sy akan berbagi pengalaman sy melakukan pembayaran order tokopedia melalui Indomaret. Jadi sy akan langsung skip skip skip langsung ke screenshot pemilihan metode pembayaran yg ingin digunakan:

Kelebihan pembayaran melalui Indomaret ketimbang melalui transfer bank manual ialah konfirmasi pembayarannya otomatis dan verifikasinya juga otomatis jadi tidak perlu ribet ribet melakukan upload bukti transfer dan menunggu lama. Hanya saja kita dibebankan biaya transaksi Rp.2.500.  Jadi setelah anda pilih mencentang opsi "Indomaret" lalu klik "Checkout" maka anda akan ditujukan ke halaman baru:

Dalam halaman tersebut anda cuma perlu mencatat Kode Indomaret cth: V5TA dan datang ke Indomaret terdekat lalu lakukan pembayaran dengan memberitahukan kode tersebut ke kasir.


Ada kalanya Indomaret akan kasih hadiah kalau lagi masa masa promonya anda melakukan pembayaran Tokopedia via Indomaret. Setelah anda melakukan pembayaran di Indomaret, nantinya orderan pada akun Tokopedia anda akan terverifikasi secara otomatis... Coba tengok gambar dibawah ini:
Lalu anda cuma perlu menunggu aja paketnya tiba.
Orderan Kuota Internetan Tsel Tiba Juga dari Tokopedia Tiba!! \^^/      






Artikel Terkait:

Posting Komentar

0 Comment:

Posting Komentar