Ketika kita menjual sebuah produk di pasaran, sering kita temukan berbagai macam karakter konsumen. Ada konsumen yang cukup konsumtif, sehingga mereka lebih mudah untuk memutuskan membeli sebuah produk. Tetapi ada pula sebagian konsumen yang cukup kritis dan selalu mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya mereka membeli produk tersebut. Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi Anda para pelaku usaha, karena sebagai pemasar Anda dituntut untuk bisa menciptakan strategi penjualan yang menarik bagi semua konsumen.
Meskipun para pengusaha sering merencanakan berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produknya, namun tak jarang sebagian dari mereka masih mengalami kegagalan dalam proses pelaksanaannya. Kondisi ini tentunya membuat produk yang mereka tawarkan kurang diminati konsumen, dan tenggelam ditengah persaingan pasar. Pastinya ini sangat merugikan para pelaku usaha, mengingat gagalnya penjualan produk sama halnya menutup peluang bagi para pengusaha untuk mendapatkan omset besar setiap bulannya. Lalu, sebenarnya apa saja penyebab kegagalan dalam penjualan produk?
Berikut kami informasikan beberapa faktor yang menyebabkan konsumen tidak membeli produk Anda.
1. Penetapan harga produk yang tidak sesuai
Bisa dipastikan dalam membeli sebuah produk, faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan konsumen adalah harga produk tersebut. Oleh sebab itu sesuaikan harga yang diberikan dengan target pasar yang telah Anda tentukan. Jika target pasar Anda rata-rata masyarakat menengah kebawah, maka utamakan untuk memberikan harga yang sedikit miring. Namun, jika sasaran pasar Anda masyarakat menengah keatas maka harga yang Anda tawarkan bisa sedikit lebih mahal, asalkan kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan harga yang diberikan.
2. Penyampaian info produk yang kurang jelas
Penyampaian informasi yang kurang jelas, membuat konsumen tidak tertarik membeli produk Anda. Karena itu sampaikan segala informasi produk Anda dengan jelas, baik info tentang manfaat yang diberikan dari produk tersebut, sampai cara pemakaiannya. Bila perlu cantumkan pula kelebihan dan kelemahan yang dimiliki produk Anda, dengan begitu konsumen tidak takut salah membeli produk.
Salah satu faktor yang menjadi keberhasilan penjualan produk adalah besarnya tingkat kebutuhan konsumen akan produk tersebut. Jika produk Anda kurang dibutuhkan konsumen, bisa dipastikan volume penjualannya juga akan sangat kurang. Karena itu, sebelum menjual sebuah produk tentukan terlebih dulu produk yang banyak dibutuhkan oleh target pasar Anda. Hal ini akan mempermudah produk Anda diterima oleh pasar yang Anda bidik.
4. Kepercayaan konsumen yang masih sangat kurang
Sebagai pelaku bisnis baru, tidak mudah bagi Anda untuk membuat konsumen mempercayai produk yang ditawarkan. Oleh karena itu hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengadakan kegiatan branding untuk mengenalkan produk Anda kepada para konsumen, dan menawarkan sebuah nilai lebih untuk membangun looyalitas para konsumen. Semakin besar keuntungan yang diperoleh konsumen dari produk Anda, maka semakin besar pula kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.
5. Kualitas produk yang kurang bagus
Bila produk yang ditawarkan kurang bagus, bisa dipastikan konsumen pun akan enggan membeli produk tersebut. Bagaimanapun juga kualitas produk lebih penting daripada kuantitasnya. Walaupun sebagai pengusaha Anda ingin mendapatkan keuntungan besar, namun jangan pernah mengurangi kualitas produk untuk mendapatkan keuntungan. Karena konsumen saat ini semakin cerdas, dan bisa membedakan mana produk yang benar-benar berkualitas dan mana produk yang tidak berkualitas. Jangan sampai produk Anda tersingkir dari pasaran, karena kualitas yang tidak terjaga.
Sementara, ini dulu cara pemasaran yang bisa kami informasikan, semoga tulisan kami bisa membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produknya dan memberikan manfaat bagi para pembaca pada umumnya. Semoga berhasil dan salam sukses.
Posting Komentar