Membidik Untung dari berbisnis Rosella


TEGAL - Masyarakat Tegal dan sekitarnya tentu tidak asing lagi mendengar nama rosella.
Tetapi, masih sedikit masyarakat yang mengetahui khasiat tanaman asal Afrika dengan nama latin florido cranberry, atau biasa dikenal sebagai teh merah.

Kelopak bunga rosella memiliki khasiat menstabilkan gula darah, kolesterol, mengobati batuk, mencerdaskan otak, menyembuhkan asam urat, dan sebagainya. Dengan semua khasiat yang ada, peluang bisnis melalui rosella terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.



RAGAM OLAHAN

Direktur Personality School Tegal Barjo Sarwo Utomo mengatakan, untuk menciptakan dan mengembangkan usaha melalui rosella, pihaknya menggelar workshop setiap Kamis dan Sabtu.

Workshop ini memberikan materi teori serta praktik kepada seluruh peserta tentang pembuatan berbagai olahan berbahan rosella, seperti sirup serta selai. Setelah mendapatkan penjelasan dan praktik langsung, peserta diharapkan bisa terus mengembangkan apa yang didapat untuk dijadikan sebagai usaha dengan modal yang kecil sekalipun.

Untuk membuat sirup, rosella yang telah kering cukup diolah sederhana menggunakan blender, gula pasir, serta air secukupnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa asam yang ada, sehingga tetap nikmat dijadikan minuman dingin maupun selai untuk membuat isi roti dan sebagainya.

Untuk 50 gram rosella kering yang dijual Rp 10 ribu, bisa menghasilkan 600 ml sirup kental atau setara dengan 3 liter sirup cair siap konsumsi.




’’Dengan khasiat yang besar, rosella sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan,” terangnya.

Lebih lanjut Barjo menambahkan, bagi peserta workshop serta masyarakat yang ingin membuka usaha tersebut, pihaknya juga menawarkan sebuah konsep pemasaran Sederhana Membawa Berkah (SMB).

Dengan kosep pemasaran tersebut, masyarakat cukup membayar Rp 10 ribu sebagai anggota dan akan mendapatkan benefit tertentu ketika ada teman atau keluarga yang ingin bergabung menjadi anggota atau membeli rosella kering yang dikemas dalam ukuran 50 gram untuk dibuat menjadi berbagai olahan untuk selanjutnya dijual kembali.

Dengan konsep pemasaran tersebut, tentunya setiap anggota bisa mendapatkan keuntungan berlipat, yaitu bisa tetap menjadikan rosella sebagai komoditas untuk membangun sebuah bisnis baru yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, serta bisa menularkan informasi berharga tersebut kepada orang lain. Sehingga bisa bersama-sama menciptakan usaha baru.

Manfaat rosella yang sangat besar semakin terasa ketika dikemas dengan proses produksi yang tepat sesuai kebutuhan, serta dukungan konsep pemasaran yang sederhana tetapi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit.

’’Selain bermanfaat bagi kesehatan, rosella juga menjanjikan sebuah peluang usaha dengan modal sedikit tetapi memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan,” tandasnya. (gun)



Artikel Terkait:

Posting Komentar

0 Comment:

Posting Komentar