TIPS AMAN BELANJA ONLINE (PENGALAMAN PRIBADI)

Alhamdulillah kita telah berada di bulan Ramadhan yang penuh berkah, sebenarnya sudah lama sekali saya ingin menulis artikel tentang pengalaman saya berbelanja online. Namun dikarenakan belum ada waktu yang pas dan mood yang pas akhirnya baru kesampaian sekarang deh.. :-)

Jika berbicara berbelanja secara online maka banyak pengalaman bagus dan tidak sedikit yang apes, termasuk teman kantor saya sendiri, yang tertipu belanja online senilai 2.5juta Rupiah. Wow jumlah yang tidak sedikit tentunya.

Oleh karena itu setiap akan berbelanja online saya selalu melakukan beberapa hal dibawah ini sebelum memastikan akan melakukan transaksi dengan penjual.

  1. Saya akan selalu mengecek situs yang digunakan, kalau situs yang digunakan sudah menggunakan situs gratisan, kebanyakan saya langsung tidak percaya. Jika domainnya sudah berbayar maka saya akan lanjutkan ke step berikutnya atau menelitinya lebih jauh.
  2. Langkah ke dua, saya mengecek reputasinya, diantaranya saya akan mencari tentang situs terkait di mbah "google", dengan beberapa kali mengganti "keyword", keyword yang saya gunakan biasanya nama situs itu sendiri, kemudian no telepon/handphone si pemilik dagangan, alamatnya, dll.
  3. Saya juga melihat bukti pengiriman yang sudah dilakukan oleh penjual, dan saya jauh lebih percaya apabila si penjual memiliki beberapa account internet (FB, Kaskus, Situs, dll) dan memiliki banyak cara untuk dihubungi (HP, email, social media, Blackcerry, Whatsapp/Line) walaupun ini bukan menjadi jaminan, tapi bagi saya pribadi jika seorang sudah berniat menipu dia tidak akan memberikan detail informasi mengenai dirinya.
  4. Terakhir saya lihat metode pembayaran yang ditawarkan, semakin banyak metode yang ditawarkan maka tingkat kepercayaan saya kepada pejual akan semakin tinggi contohnya metode transfer, kartu kredit, clickpay, cod, rekber, dll.


Alhamdulillah itulah tips-tips yang saya lakukan, selama ini juga Alhamdulillah saya belum pernah tertipu dalam masalah berbelanja online. Dan jika berbicara belanja online maka saya sangat puas sekali berbelanja di LAZADA.CO.ID, sebagai bukti kepada pembaca bisa lihat screenshoot dibawah ini daftar belanja 6 bulan terakhir saya di LAZADA.


Selain menawarkan berbagai pilihan macam barang, lazada juga sering memberikan beragam diskon yang luar biasa, sering aja "nongkrongin" situsnya, hehehehe.... Lazada juga memberikan kenyamanan pelayanan dengan cara pembayaran yang beragam mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, dan jelasnya COD, selain itu packing barang yang bagus juga sangat memanjakan pembeli.

Sekian dulu tulisan saya hari ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk yang akan berbelanja online.



Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Satu lagi,

    Bila berbelanja online via online shop yang ada embel-embel indonesia, semacam Zalora Indonesia, DC Shoes Indonesia dll, harap menggubungi CS nya terlebih dahulu sebelum melakukan transfer bank dan memastikan asal barangnya dari Indonesia atau luar negeri, sebab akan ada tambhan biaya seperti TAX dan handling dari pihak expedisinya yang jumlahnya lumayan looh

    Seperti yang saya alami ketika berbelanja di salah satu onlineshop.
    Saya tidak punya prasangka bahwa barang tersebut akan berasal dari luar negeri, sebab seperti pembelian-pembelian online yang biasa saya lakukan di onlineshop lain CS yang menghubungi saya untuk konfirmasi transaksi berbahasa Indonesia dan juga bank tujuan transaksi nya pun bank di Indonesia.
    Saya baru tahu barang tersebut berasal dari luar negeri ketika mendapatkan informasi resi pengiriman. dan benar saja beberapa jam sebelum barang diantar ke alamat saya, pihak ekspedisi men-telefon saya memberi tahu terdapat biaya lain seperti pajak dan biaya handling cargo dari ekspedisi yang totalnya nilainya sebesar 75% dari harga barang yang saya beli .. -.-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih atas share pengalamannya mas wira, memang harus dicheck lagi sumber barang dari mana, tapi sejauh yang saya alami untuk lazada.co.id semua barangnya langsung dikirim dari indonesia, so gak mesti pajak dan lain-lain seperti yang mas alami, :-)

      Tapi, It's okay apa yang terjadi pada mas, jadi pelajaran bagi kita semua juga, :-)

      Hapus

    2. Artikel sepeti ini ni yang akan sangat membantu bagi para pengguna internet untuk tidak ragu lagi belanja seara Online.

      Bantu like Tips Belanja Online nya Gan di Facebook, agar masyarakat indonesia tidak merasa ragu lagi dalam Belanja Online dan menjadi suatu kebiasaan sehari-hari.

      Jika ada masukan silahkan Koment / Kirim pesan untuk di buat artikel bisa di lihat di sini Saran dan Share juga jika bermanfaat

      Trimakasih

      Hapus