SONAR (SOUND NAVIGATION AND RANGING)


Definisi Sonar
            Sonar (Singkatan dari bahasa Inggris : Sound Navigation And Ranging), merupakan istilah Amerika yang pertama kali digunakan semasa Perang Dunia, yang berarti penjarakan dan navigasi suara, adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kendaraan air lainnya. Sementara itu, Inggris memiliki sebutan lain untuk sonar, yakni ASDIC (Anti-Submarine Detection Investigation Committee).

Gambar 1. Sistem Sonar (HMS, APS, dan SPVDS / Cable Handling Sistem)
         


 Sonar adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara di dalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada di bawah permukaan kawasan perairan. Suatu alat navigasi elektronik dengan menggunakan energi acoustic dalam bentuk sistem gema, yang dipasang di kapal untuk mengetahui kedalaman suatu perairan, bentuk dasar suatu perairan, serta untuk memperoleh informasi yang ada di perairan, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder (penduga gema)  merupakan salah satu alat yang kerap digunakan dalam kajian sains kelautan terutama digunakan untuk menentukan atau mengukur kedalaman air dimana kedalaman dasar laut dapat dihitung dari perbedaan waktu antara pengiriman dan penerimaan pulsa suara, keadaan permukaan dasar lautan, serta sebagai perekam kedalaman (depth recorder) dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal.
            Secara garis besar sistem kerja sebuah peralatan sonar adalah mengeluarkan sumber bunyi yang akan menyebar di dalam air. Bunyi ini akan dipantulkan oleh obyek di dalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut. Berdasarkan penghitungan kecepatan perambatan suara di dalam air maka letak obyek di dalam air tersebut dapat diketahui jaraknya dari sumber suara. Pada peralatan sonar yang lebih canggih, bentuk fisik ataupun bahan pembentuk obyek itu dapat diketahui juga.
       



Gambar 2. Hull Mounted Sonar (HMS)

Gambar 3. Self Propelled Variable Depth Sonar (SPVDS)


 
Untuk mendeteksi suatu objek-objek yang kecil maka diperlukan pancaran sonar (beam) baik secara vertical dan horizontal dengan tingkat pancaran yang tinggi serta tingkat lintasan yang kecil. Untuk mengurangi pelaksanaan operasionalnya dengan kebutuhan akan awak operator maka kebutuhan sonar dengan sistem otomatis deteksi dan jalur target haruslah tersedia. Desain sebuah alat sonar sistem minimal untuk keperluan pemeliharaan adalah adanya jaminan yang meyakinkan bahwa peralatan tersebut dapat dioperasikan dalam masa waktu yang lama dalam kondisi unit-unit peralatan yang sifatnya tenggelam dalam air laut.
          
 
     Dua Jenis Sonar
            Alat sonar pertama digolongkan sebagai sonar pasif, di mana tidak ada sinyal yang dikirim keluar.
Gambar 4. Sonar Pasif

           Pada tahun 1918 Inggris dan AS membuat sistem aktif, di mana sinyal sonar aktif dikirim dan diterima kembali. Misalnya saja untuk mengetahui jarak satu obyek, petugas sonar mengukur waktu yang diperlukan oleh sinyal sejak dipancarkan hingga diterima kembali. Karena tidak ada sinyal yang dikirim pada sistem pasif, alat hanya untuk mendengarkan. Pada sistem pasif maju, ada bank data sonik (sumber bunyi) yang besar. Sistem komputer menggunakan bank data tadi untuk mengenali kelas kapal, juga aksinya (kecepatan atau senjata yang ditembakkan).




Gambar 5. Sonar Aktif
Jenis sonar aktif yang baru dapat djumpai pada model CSDS-805, konfigurasinya terdiri atas peralatan-peralatan bawah air, kabel dan perlengkapan berbasis di pantai. Sebuah unit peralatan bawah air masih memiliki sebuah unit elektronik pengirim sonar dan sebuah transducer omni-directional. Kabel yang dipergunakan memiliki serap optik untuk kebutuhan komunikasi dan konduktor tembaga untuk kebutuhan penyaluran power yang menghubungkan unit peralatan bawah dengan peralatan lainnya yang berada di daerah pantai. Kabel yang khusus untuk digunakan di lingkungan laut ada yang panjangnya mencapai 4000 meter. Selanjutnya peralatan yang berada di daerah pantai teratas unit peralatan layer monitor pengontrol power (listrik) dan panel monitor berwarna. Sonar kemudian dioperasikan dengan menggunakan sebuah tarckball yang memiliki 3 switches dengan menu control terdapat pada layer.
            Frekuensi yang digunakan oleh sonar berada pada daerah ultrasonic, yaitu di atas 20.000 hertz. Karena frekunsi tersebut tidak dapat didengar dan panjang gelombang pada daerah ultrasonic pada daerah ultrasonic sangat kecil sehingga difraksi yang terjadi juga semakin kecil, dan gelombang tidak akan menyebar. Kecilnya panjang gelombang yang digunakan, juga dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda yang kecil pula.
           


















Artikel Terkait:

Posting Komentar

0 Comment:

Posting Komentar